Menjual Buku Anak dan Balita Berkualitas

Tentang Ulul-albab

al-quran

Ulul-albab disebut enam belas kali dalam Al-Quran. Menurut Al-Quran, ulul-albab adalah kelompok manusia tertentu yang diberi keistimewaan oleh Allah swt. Diantara keistimewaannya ialah mereka diberi hikmah, kebijaksaan, dan pengetahuan.

“Allah memberikan hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barang siapa yang diberi hikmah, sungguh telah diberi kebajikan yang banyak. Dan tak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali ulul-albab.” (QS. 2:269)

Disebutkan pula dalam Al-Quran bahwa: “Mereka adalah orang yang bisa mengambil pelajaran dari sejarah umat manusia.” (QS. 12:111)

Dipelajarinya sejarah berbagai bangsa, kemudian disimpulkannya satu pelajaran yang bermanfaat, yang dapat dijadikan petunjuk dalam mengambil keputusan di dalam kehidupan ini. “Mereka itulah orang-orang yang mendapatkan petunjuk dari Allah, dan mereka itulah ulul-albab.” (QS. 3:7)

===

Para ulul albab bisa dilihat dari tanda-tandanya, yaitu: bersungguh-sungguh mencari ilmu, mampu memisahkan yang jelek dari yang baik, kritis dalam mendengarkan pembicaraan, bersedia menyampaikan ilmunya kepada orang lain untuk memperbaiki masyarakatnya, tidak takut kepada siapa pun kecuali kepada Allah.

Sejarah, yang terdiri dari kisah-kisah pada masa yang lampau, memiliki andil dalam pergerakan bangsa di masa depan. Orang-orang yang menggunakan akalnya untuk berpikir, kerap menggunakan sejarah sebagai panduan untuk melangkahkan pijakan.

Ulul albab, dengan kerendahan hatinya, mentadabburi ayat-ayat Allah, untuk mencari hikmah, demi kemaslahatan umat. Ia tidak menyimpan ilmu untuk dirinya sendiri. Melampaui kebutuhannya, ia cenderung untuk berbagi, pada siapa saja yang ikhlas menimba ilmu.

Written by Khazanah on Friday May 26, 2017
Permalink -

« Keajaiban Mendongeng -