Menjual Buku Anak dan Balita Berkualitas

Keajaiban Mendongeng

Dini hari ini terbangun dan kemudian yang muncul dalam pemikiran adalah keajaiban mendongeng. Saya memiliki kemampuan yang bisa dibilang 'parah' dalam mengingat. Itu sebabnya saya lebih suka ber-read aloud ketimbang story telling. :D

Teknisnya ternyata ga semudah teori ya. Waktu yang tepat buat membersamai anak dengan cerita adalah ketika sebelum tidur atau sebelum bangun tidur. Nah, bagi saya, ini tantangan, karena mata biasanya terpejam sebelum anak-anak tertidur. #ups

Untuk itu story telling bisa jadi jalan keluar. Bayangkan suasana kamar yang temaram, anak-anak berbaring di sisi kiri dan sisi kanan, merapat pada tubuh ibunya. Lantas yang terdengar adalah suara ibu yang memulai kisahnya, "... pada suatu hari ...". Setiap hari, setiap malam, seperti itu.

Apa yang akan ayah bunda dapatkan?

Nilai-nilai moral dalam cerita apapun itu, masuk dalam memory anak-anak. Antara kebaikan dan keburukan. Antara kebenaran dan kesalahan. Perlahan mereka belajar untuk membedakan keduanya. Melepas diri dari wilayah abu-abu. Membedakan yang hak dan yang bathil. Nilai-nilai inilah yang sulit dipahami jika anak-anak hanya mengandalkan sekolah untuk penanamannya.

Bagaimana cara ayah bunda mengetahui bahwa anak-anak sudah menyerap 'cerita'?

Pengamatan. Ya, dengan membersamai anak-anak ketika mereka masih ada di sisi kita. Ingat, akan ada saat, ketika mereka akan melangkah ke dunia mereka sendiri, tanpa membawa serta kita, orangtuanya. Akan ada saat mereka bergelut dengan diri sendiri, sementara kita terletak hanya di memory mereka.

So, menunda-nunda berkisah pada anak-anak, justru akan membuat diri merugi. Kehilangan banyak hal dalam membersamai anak-anak dengan kedekatan yang berkualitas.

-Hylan Khazanah-

#ayoberkisah
#onedayonestory
#ODOPfor99days
#tulisan21

Written by Khazanah on Sunday February 12, 2017
Permalink - Tag: dongeng

« Investasi Buku - Tentang Ulul-albab »